DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYADI KELAS VIISMP ISTIQLAL DELI TUA SEMESTER GANJIL T.P 2012-2
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Selly Irwardhani (STUDENT ID : 408321052)
Rita Juliani (LECTURER ID : 196907151997022001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-12 08:15:18 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD(Student Teams Achievement Divisions)dengan menggunakan media peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMP Swasta Istiqlal Deli Tua Semester Ganjil T.P 2012-2013 .Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasidalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPSMP Swasta Istiqlal Deli Tua T.P 2012-2013 .yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VII5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 4 pilihan.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,85 dengan simpangan baku 10,25 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,42 dengan simpangan baku 10,17. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1085 dan Ltabel = 0,1499, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,1126 dan Ltabel = 0,1499, sehingga diperoleh Lhitung ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh adapengaruh model pembelajaran kooperatifterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMPSwasta Istiqlal Deli TuaT.P2012/2013. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 77,5 termasuk kategori baik. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan