DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS VIISEMESTER I SMP N. 1 HINAI T.P 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Irwanto (STUDENT ID : 408321029)
Purwanto (LECTURER ID : 196605071999031001)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-12 03:05:58 
Abstract :
Pembelajaran model kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) merupakan model pembelajaran yang diterapkan secara eksplisit (tidak berbelit-belit) untuk memberi siswa waktu yang lebih banyak berpikir, menjawab dan saling membantu satu sama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Kalor di kelas VII semester 1 SMP N.1 Hinai T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan disain penelitian two group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII Semester 1 yang terdiri dari 8 kelas. Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas (kelas VII-4 dan kelas VII-6) yang diambil secara cluster random sampling. Pada kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan pada kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol dengan sampel masing 
Institution Info

Universitas Negeri Medan