DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGUKURAN DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA METHODIST LUBUK PAKAM T.A. 2012/2013
Total View This Week2
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Jeniusman Binartua Manurung (STUDENT ID : 408321031)
J.B Sinuraya (LECTURER ID : 196001301986011002)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-22 01:59:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X Semester I SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam T.A. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam T.P. 2012/2013, yang terdiri dari 4 kelas dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara cluster random sampling, sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X-3 dan sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-4 dengan jumlah siswa tiap kelas sebanyak 45 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Dari hasil analisis data pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 41,89 dengan standar deviasi 11,19, dan nilai rata-rata postest sebesar 74,67 dengan standar deviasi 8,21. Sedangkan pada kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 42,67 dengan standar deviasi 11,56, dan nilai rata-rata postest sebesar 64,44 dengan standar deviasi 8,67. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t nilai postes kedua sampel diperoleh thitung sebesar 5,74 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 88 dan harga ttabel sebesar 1,99. Dengan membandingkan antara thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel atau 5,74 > 1,99, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasis pictorial riddle terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X SMA Swasta Methodist Lubuk Pakam T.A. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan