DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS TEKA TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS KELAS VII DI SMP NEGERI 2 HUTABAYURAJA T.A 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
ABADI EINSTEIN RAJAGUKGUK (STUDENT ID : 408321001)
Sehat Simatupang (LECTURER ID : 195812301981031003)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-12 08:52:31 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus kelas VII di SMP Negeri 2 Hutabayuraja T.A 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Hutabayuraja yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik simple random sampling, yaitu Kelas VIIA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) dan kelas VIIB dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa.Dari hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 41,33 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 40,33. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas, diperoleh rata-rata nilai postes dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) sebesar 72,5 sedangkan siswa yang diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 63,5. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran diperoleh rata-rata 58,52 dengan kategori kurang baik. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,1 > 1,671 pada taraf signifikan α = 0,05 Hal ini berarti terima Ha dan tolak Ho dan terdapat persentase pengaruh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 14,2% sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbasis Teka-Teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok gerak lurus kelas VII di SMP Negeri 2 Hutabayuraja T.A 2011/2012. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan