DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TEHADAPA HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SMP SWASTA HARAPAN STABAT T.P 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Erny Hasibuan (STUDENT ID : 408321015)
Rita Juliani (LECTURER ID : 196907151997022001)
Subject
QC Physics 
Datestamp
2016-08-15 06:56:46 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada materi zat dan wujudnya di kelas VII SMP Swasta Harapan Stabat T.P 2012/2013 dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII Semester Ganjil SMP Swasta Harapan Stabat yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster random sampling, kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 30 soal dan lembar observasi aktivitas siswa.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,30 dengan standar deviasi 12,50 dan nilai rata-rata kelas kontrol 32,66 dengan standar deviasi 12,41. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada data hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan, kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri sebesar 73,10 dengan standar deviasi 10,00 dan di kelas VII-1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 61,02 dengan standar deviasi 11,28. Selanjutnya, berdasarkan analisis uji-t satu pihak diperoleh thitung = 5,16 sedangkan untuk ttabel = 1,66 sehingga thitung > ttabel. Oleh karena itu Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan akibat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan akibat pengaruh hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMP Swasta Harapan Stabat T.P. 2012/2013. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan