DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SEMESTER IISMPNEGERI 1 LUMBANJULUT.P 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Rinaldi Rumapea (STUDENT ID : 71244210106)
Betty M. Turnip (LECTURER ID : 19630108197032002)
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2016-08-12 08:41:08 
Abstract :
Rendahnya aktivitas dan pencapaian hasil belajar siswa, menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan belum efektif,salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIIIsemester II SMP Negeri 1 LumbanjuluT.P2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas secara acak yaitu kelas VIIICsebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 4 pilihan jawaban dan lembar aktivitas siswa untuk mencatat seluruh aktivitas siswa dalam kelompok.Dari hasil analisis data pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran berbasis Multiple Intelligencesdiperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40,50 dengan standar deviasi 8,34 dan nilai rata-rata postest sebesar 73,66 dengan standar deviasi 9,82. Sedangkan kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 40,16 dengan standar deviasi 8,73 dan nilai rata-rata postest sebesar 65,33 dengan standar deviasi 13,38. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Pada saat pembelajaran di kelas eksprimen diperoleh rata-rata aktivitas siswa dari pertemuan I s/d III sebesar 71,99dengan kategori aktif. Hasil uji t nilai postes kedua sampel diperoleh thitung sebesar 2,75 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 58 dan harga ttabel sebesar 1,67. Dengan membandingkan antara thitung dan ttabel diperoleh thitung> ttabel atau2,75> 1,67.Dengan demikian ada Ha diterima berarti ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh strategi pembelajaran berbasis Multiple Intelligences terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok getaran dan gelombang di kelas VIII semester II SMP Negeri 1 Lumbanjulu T.P 2011/2012.Diharapkan bagi peneliti yang ingin menggunakan strategi pembelajaran ini agar menyampaikan terlebih dahulu pentingnya penilaian aktivitas belajar di setiap tahapan pembelajaran dan menyampaikan indikator penilaian aktivitas belajar, untuk mendorong siswa belajar lebih aktif dan kreatif sehingga hasil belajarnya lebih baik. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan