DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS(THINK-PAIR-SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN T.P. 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Yuliana Lubis (STUDENT ID : 408341063)
M. Yusuf Nasution (LECTURER ID : 1963129031989031005)
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2016-08-12 06:26:49 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada materi Ekosistem di kelas X SMA Negeri 8 Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan data diperoleh dari satu kelas yang dipilih secara sampling purposif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 157 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil satu kelas yaitu kelas X-4 yang terdiri dari 40 orang yang diberikan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) dalam meningkatkan penguasaan materi ekosistem diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan soal materi ekosistem sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 53,71 dan posttest sebesar 78,25 dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa pada materi Ekosistem yaitu 24,55. Hasil penilaian keaktifan siswa di kelas X-4 telah ditentukan 26 orang (65% kategori sangat baik) dan 14 orang (35% kategori baik). Dengan melihat keberhasilan pengajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada materi Ekosistem, maka diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) ini dalam pengajaran materi biologi lain atau pengajaran materi pelajaran bidang studi lain di luar mata pelajaran biologi. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan