DETAIL DOCUMENT
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TIPE STAD KOPERASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE BERDASARKAN TEKNOLOGI INFORMASI DI HIDROKARBON
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Hidayani P. Surbakti (STUDENT ID : 408131053)
Rahmat Nauli (LECTURER ID : 196606071991031001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-12 09:10:23 
Abstract :
Tujuan dari penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Tim Divisi Siswa Prestasi) dengan menggunakan media puzzle berbasis teknologi informasi Hidrokarbon adalah untuk mengetahui prestasi siswa di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Populasi adalah semua siswa pada tingkat pertama lebih tinggi di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Para siswa dibagi menjadi dua kelompok yang disebut kelas eksperimen I di kelas X-4 dan eksperimental kelas II di kelas X-3 berdasarkan purposive teknik random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Pertama kali, pre-test akan diberikan dalam I dan kelas eksperimen II. Kemudian, berikan pengobatan. Dalam kelas eksperimen saya menggunakan STAD pembelajaran kooperatif tipe dan kelas eksperimen saya menggunakan tipe pembelajaran kooperatif STAD dengan menggunakan media puzzle berbasis teknologi informasi. Perlakuan terakhir adalah dengan memberikan post test. Berdasarkan hasil eksperimen di kelas I diperoleh rata-rata pre-test skor 37.27 dan skor post test 70.45. Di kelas II eksperimen diperoleh rata-rata pre-test skor 36.59 dan skor post test 79,09. Data harus normal dan homogen. Uji hipotesis adalah dengan menggunakan sisi kanan t-test. Kriteria hipotesis diterima Ha jika nilai thitung> ttabel. Dari hasil tersebut diperoleh nilai thitung adalah 2,5186. Ini berarti bahwa thitung (2,5186)> ttabel (1.683). Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini membuktikan bahwa prestasi siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media puzzle berbasis teknologi informasi yang lebih tinggi dibanding jenis pembelajaran kooperatif STAD. Prestasi siswa meningkat dihitung dengan menggunakan keuntungan normal dan keuntungan persentase di kelas eksperimen I adalah 53% dan mendapatkan persentase di kelas II eksperimen 65%. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan