DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA BUDI MURNI 3 MEDAN T.A 2011/2012
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Jodi Siburian (STUDENT ID : 71244210052)
Juru Bahasa Sinuraya (LECTURER ID : 196001301986011002)
Subject
QC Physics 
Datestamp
2016-11-11 04:47:59 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah yaitu suatu konsep pembelajaran yang membantu guru menciptakan lingkungan pembelajaran yang dimulai dengan masalah yang penting dan relevan bagi siswa, dan memungkinkan siswa memperoleh pengalaman belajar yang lebih nyata terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Budi Murni 3 Medan T.A 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan desain penelitian ini adalah Control Group Pretest Posttest dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Budi Murni 3 Medan yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik sampel total atau sensus, yaitu Kelas XA yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XB yang terdiri dari 28 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban, yang telah dinyatakan valid oleh dua orang dosen fisika sebagai validator dan soal tersebut telah diuji cobakan ke sekolah yang berbeda, serta instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Uji hipotesis menggunakan uji beda (uji t).Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 38,75 dan 34,82, standar deviasi masing-masing 11,60 dan 9,86, pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,36 ≥ 2,0006 pada taraf signifikansi α = 0,05 yang menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 74,64 dan 58,93, pengujian hipotesis diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 5,82 ≥ 1,67 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 54. Dan rata-rata aktivitas siswa dalam dua kali pertemuan, yaitu 70,68 dan 82,50. Dari data yang diperoleh maka Ha diterima yang berarti ada Pengaruh Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Listrik dinamis Kelas X di SMA Budi Murni 3 Medan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan