DETAIL DOCUMENT
PENGARUH TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS VII SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 36 MEDAN T.P. 2012/2013
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Nur Elida Siregar (STUDENT ID : 408121075)
Khairul Amdani (LECTURER ID : 196310231993031002)
Subject
BF501 Motivation 
Datestamp
2016-08-12 06:34:29 
Abstract :
Mind Mapping adalah diagram yang digunakan untuk menggambarkan sebuah tema, ide, atau gagasan utama dalam materi pembelajaran yang merupakan gambaran menyeluruh dari suatu materi pembelajaran yang dibuat dalam bentuk sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan teknik Mind Mapping dan pembelajaran konvensional pada materi pokok besaran dan satuan di kelas VII semester ganjil SMP Negeri 36 Medan. Jenis penelitian ini adalah true eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 36 Medan yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 315 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 39 orang. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar siswa. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dengan 4 option yang telah divalidasikan oleh validator yaitu dua dosen fisika dan satu guru bidang studi fisika, dan divalidasikan secara validasi ramalan. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t satu pihakDari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 45 dengan standar deviasi 19,6 dan nilai rata-rata kelas kontrol 44,5 dengan standar deviasi 15,9. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan teknik Mind Mapping diperoleh bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu pada pertemuan I nilai rata-rata 61,5, pada pertemuan II nilai rata-rata sebesar 71,25. Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer, diperoleh bahwa rata-rata aktivitas siswa di kelas eksperimen selama dua kali pertemuan adalah 66,4 yang berkategori Cukup aktif. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70,5 dengan standar deviasi 12,9 dan kelas kontrol 61,9 dengan standar deviasi 12,8. Hasil uji t dengan taraf nyata = 0,05 diperoleh thitung = 2,97 dan ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan yang diajar dengan menggunakan teknik Mind Mapping dan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh teknik Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuan di kelas VII semester ganjil SMP Negeri 36 Medan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan