DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID
Total View This Week8
Institusion
Universitas Negeri Medan
Author
Jefri H. Sirait (STUDENT ID : 408131060)
Anna Juniar (LECTURER ID : 196006131988032001)
Subject
LB1025 Teaching (Principles and Practice) 
Datestamp
2016-08-15 02:25:34 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan pembelajaran E-Learning berbasis weblog dalam model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid di MAN 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran E-Learning berbasis weblog dalam model pembelajaran problem based learning dan kelas kontrol diajarkan dengan model direct instruction (metode ceramah). Instrumen yang digunakan adalah test pilihan ganda materi sistem koloid berjumlah 25 soal yang telah divalidkan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t pihak kanan. Dari uji hipotesis diperoleh t hitung = 6,33 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 78 dan harga t tabel = 1,674 yang berarti t hitung > t tabel yaitu 6,33 > 1,674. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata gain kelas eksperimen 0,797 dan rata-rata nilai gain kelas kontrol 0,721. Persen peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 79,70 % dan pada kelas kontrol sebesar 72,10 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran E-Learning berbasis weblog dalam model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid di MAN 1 Medan. 
Institution Info

Universitas Negeri Medan