DETAIL DOCUMENT
Studi Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien di Ruang Bersalin RSUD Saras Husada Purworejo tahun 2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Pratiwi, Ika
Asnindari, Lutfi Nurdian
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2017-12-29 07:30:37 
Abstract :
Latar belakang: Direktorat jendral bina pelayanan medik kementrian kesehatan Republik Indonesia dalam ? Warta Yanmed ? edisi XXI Tahun 2010 menulis artikel yang menyatakan bahwa Singapura dan Malaysia telah menetapkan Standar pelayanan minimal 95% untuk indikator kepuasan pasien, sementara dalam kepmenkes No.129/Menkes/SK/II/2008 indikator kepuasan pelanggan RSUD tipe B di Indonesia adalah 80% (Depkes, 2010). Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo menetapkan Standar Pelayanan Minimal kepuasan pelanggan sebesar 85%. Hal ini sesuai dengan Visi RSUD Saras Husada Purworejo untuk ?Menjadi Rumah Sakit Rujukan Terbaik di Jawa Tengah Selatan tahun 2020, pada kongkretnya ruang bersalin RSUD Saras Husada Purworejo di tahun 2013 hanya mampu mencapai angka 83,2% untuk kepuasan pasien. Tujuan: Diketahuinya faktor - faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di ruang bersalin RSUD Saras Husada Purworejo. Metode: penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang memenuhi kriteria inklusi yang datang di kamar bersalin pada tanggal 01 Juni sampai 30 Juni 2014. Cara pengambilan sampel menggunakan acidental sampling, dengan total sampel sejumlah 128 responden. Analisa data yang digunakan menggunakan uji korelasi product moment dengan ? = 0,05. Hasil: Hasil uji korelasi product momen didapatkan nilai p value = 0,414 (Ho diterima) untuk perilaku bidan, p value = 0,55 (Ho diterima) untuk manajemen RS, p value = 0,048 (Ho ditolak) untuk fasilitas rumah sakit, p value 0,837 (Ho diterima) untuk lama waktu perawatan dikamar bersalin. Kesimpulan: Ada hubungan fasilitas rumah sakit dengan kepuasan pasien diruang bersalin RSUD Saras Husada Purworejo. Saran: RSUD Saras Husada Purworejo mampu meningkatkan koordinasi dari Total Quality Manajemen sehingga tercapai visi yang diharapkan yaitu menjadi rumah sakit pusat rujukan tipe A. 
Institution Info

Universitas Aisyiyah Yogyakarta