Abstract :
Latar belakang : Hasil studi pendahuluan pada 180 mahasiswa semester II Program
Studi DIII Kebidanan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta, terdapat 40% mahasiswa yang
mendapat nilai C, 46,7% nilai D dan 10,5% nilai E pada mata kuliah asuhan kebidanan
kehamilan. Pencapaian hasil belajar yang diperoleh individu dipengaruhi oleh dua faktor,
yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal salah satunya adalah motivasi
belajar.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar
dengan hasil belajar asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa semester II Program Studi
DIII Kebidanan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode descriptive correlation
dengan pendekatan waktu cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai
Juli 2014. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan
jumlah sampel 126 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan
dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis digunakan uji statistic korelasi
Product Moment.
Hasil : Sebagian besar responden memiliki motivasi sedang 94 (74,6%) dengan
jumlah mahasiswa yang sebagian hasil belajar asuhan kebidanan kehamilan kategori cukup
dan kurang masing-masing 56 (44,4%). Hasl uji statistic korelasi Product Moment dengan
taraf kesalahan 5% (0,05) didapatkan nilai r=0,228 dan p=0,010.
Kesimpulan : Adanya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar asuhan
kebidanan kehamilan pada mahasiswa semester II Program Studi DIII Kebidanan STIKES
?Aisyiyah Yogyakarta.
Saran : Diharapkan kepada mahasiswa untuk lebih meningkatkan motivasi belajar
dengan cara mempunyai keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan
akan cita-cita, serta perasaan menyenangi materi agar hasil akhir dari proses
pembelajaran yang dicapai lebih baik