DETAIL DOCUMENT
Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Kehamilan IA Mahasiswa Semester II Program Studi D III Kebidanan STIKES Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014
Total View This Week0
Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Wibowo, Ira
Hidayat, Asri
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2018-01-02 07:24:50 
Abstract :
Latar belakang : Hasil studi pendahuluan pada 180 mahasiswa semester II Program Studi DIII Kebidanan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta, terdapat 40% mahasiswa yang mendapat nilai C, 46,7% nilai D dan 10,5% nilai E pada mata kuliah asuhan kebidanan kehamilan. Pencapaian hasil belajar yang diperoleh individu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal salah satunya adalah motivasi belajar. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa semester II Program Studi DIII Kebidanan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode descriptive correlation dengan pendekatan waktu cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Juli 2014. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel 126 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis digunakan uji statistic korelasi Product Moment. Hasil : Sebagian besar responden memiliki motivasi sedang 94 (74,6%) dengan jumlah mahasiswa yang sebagian hasil belajar asuhan kebidanan kehamilan kategori cukup dan kurang masing-masing 56 (44,4%). Hasl uji statistic korelasi Product Moment dengan taraf kesalahan 5% (0,05) didapatkan nilai r=0,228 dan p=0,010. Kesimpulan : Adanya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar asuhan kebidanan kehamilan pada mahasiswa semester II Program Studi DIII Kebidanan STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta. Saran : Diharapkan kepada mahasiswa untuk lebih meningkatkan motivasi belajar dengan cara mempunyai keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita, serta perasaan menyenangi materi agar hasil akhir dari proses pembelajaran yang dicapai lebih baik 
Institution Info

Universitas Aisyiyah Yogyakarta