Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Khoirunnisa', Khoirunnisa'
Mamnu’ah, Mamnu’ah
Subject
BF Psychology
Datestamp
2017-12-18 03:36:39
Abstract :
Latar Belakang: Faktor kepercayaan diri salah satu faktor yang mempengaruhi
tingkat stres. Di STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta, terdapat mahasiswa program studi
DIV Bidan Pendidik Aanvullen mengalami tanda gejala stres. Tingkat stres yang
dialami oleh mahasiswa dapat berdampak negatif secara fisik maupun psikologis.
Stres pada mahasiswa juga dapat mempengaruhi proses belajar mengajar.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kepercayaan
Diri dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Program Studi DIV Bidan Pendidik
Anvullen STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta Tahun 2014.
Metode: Desain penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan waktu
cross sectional. Subjek penelitian adalah semua mahasiswa DIV Bidan Pendidik
Aanvullen STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel
menggunakan proporsional random sampling sebanyak 63 responden. Analisis data
menggunakan uji analisis Kendall Tau (?).
Hasil: Penelitian ini menunjukkan mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri
tinggi terdapat 25 responden (39,7%), kepercayaan diri sedang 36 responden (57,1%),
kepercayaan diri rendah 2 responden (3,2%). Sedangkan mahasiswa yang mengalami
tingkat stres normal (tidak stres) terdapat 25 responden (39,7%), tingkat stres ringan
17 responden (27,0%), tingkat stres sedang 14 responden (22,2%), dan tingkat stres
berat 7 responden (11,1%). Hasil analisa menggunakan Kendall Tau diperoleh
sebesar 0,512 dengan nilai signifikansi (0,000<0,05) sehingga ada hubungan antara
kepercayaan diri dengan tingkat stres pada mahasiswa program studi DIV Bidan
Pendidik STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014.
Simpulan: Terdapat hubungan yang erat antara kepercayaan diri dengan tingkat
stres pada Mahasiswa Program Studi DIV Bidan Pendidik Anvullen STIKES
?Aisyiyah Yogyakarta.
Saran: Diharapkan kepada ketua program studi DIV Bidan Pendidik memberikan
kebijakan program khusus untuk meningkatkan rasa percaya diri bagi mahasiswa.
Sedangkan bagi mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan rasa percaya diri.