Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Panjaitan, Febrina Saputra
Karnasih, Wiwi
Subject
BF Psychology
Datestamp
2017-12-29 06:30:22
Abstract :
Latar belakang : Perawatan diri merupakan hal yang sangat penting karena berkaitan
dengan diri sendiri dan termasuk dalam kebutuhan dasar manusia yang paling dasar.
Anak retardasi mental memiliki kemampuan intelektual yang rendah yang membuat
anak mengalami keterbatasan dalam berbagai bidang salah satunya adalah
ketidakmampuan anak untuk melakukan perawatan diri seperti mandi, berhias, makan
dan toileting. Peran serta orang tua terutama pola asuh yang di ajarkan oleh orang tua
dalam mendidik anaknya akan memberikan dampak baik bagi perkembangan
kemampuan mandiri seorang anak untuk melakukan perawatan diri sendiri.
Tujuan : Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan
kemampuan perawatan diri anak retardasi mental.
Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan
pendekatan waktu cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah anak retardasi
mental beserta orang tuanya di SLB Bhakti Kencana II yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling.
Hasil penelitian : Berdasarkan analisa data teknik Kendall Tau didapatkan nilai ? =0,338 dan nilai p=0,039 dengan menggunakan taraf kesalahan 5% , dengan demikian
Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai p lebih kecil dari 0,05 (0,039 < 0,05).
Kesimpulan : Ada hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan perawatan
diri anak retardasi mental tingkat SD di SLB Bhakti Kencana II Berbah Yogyakarta.
Saran yang dapat diberikan adalah orang tua dapat menerapkan pola asuh yang seharusnya mereka gunakan untuk meningkatkan kemampuan perawatan diri anak retardasi mental.
Kata Kunci : Kemampuan Perawatan Diri, Pola Asuh, Anak Retardasi Mental
Kepustakaan : 17 Judul Buku (2001-2010), 3 Skripsi, 3 Web
Jumlah Halaman : i-xv, 57 Halaman, 8 tabel, 2 gambar, 15 lampiran