Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Riyanto, Herwan
Wardaningsih, Shanti
Subject
BJ Ethics
Datestamp
2018-01-02 04:52:20
Abstract :
Secara psikologis, anak yang agresif kurang memiliki kontrol diri dan
sebenarnya memiliki
ketrampilan sosial yang rendah selain itu
anak
-anak ini memiliki
kemampuan empa
ti terhadap or
ang lain yang tidak berkembang
dan salah mengartikan
sinyal atau tanda
-tanda sosial. Salah satu faktor yang mempengaruhi terbentuknya
perilaku agresif adalah pola asuh orang tua.
Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui hubungan antara pola asu
h orang tua
dengan
perilaku agr
esif pada anak usia sekolah di SD Muhammadiyah
Wirobrajan
1
Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan menggunakan
Pendekatan waktu
Cross Sectional study.
Subyek penelitian adalah anak
-anak
sekolah
dasar kelas
IV, V,
dan V
I yang bersekolah di SD Muhammadiyah
Wirobrajan
1
Yogyakarta. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik sampling jenuh.
Juml
ah subyek penelitian sebanyak 82 anak.
Hasil p
enelitian yang dilak
ukan
pada
tanggal 6 Januar
i 2011 di dapatkan responden yang gugur berjumlah 22 responden
dengan alasan, tidak masuk ketika diadakan penelitian berjumlah 2 responden, umur
lebih dari 12 tahun berjumlah 3 responden, dan tidak bersedia menjadi responden
berjumlah 17 responden. Sehingg
a responden yang dapat diteliti berjumlah 60
responden.
Pengumpulan data dengan mengguna
kn kuesioner untuk pola asuh orang tua
dan perilaku agresif
.
Berdasarkan hasil uji statistik
spearman rank correlation
di peroleh nilai r
hitung
-0,17 dengan nilai
p
> 0,05 (0,895) pada taraf kesalahan 5% sehingga Ho
diterima. Hal ini menunjukan tidak ada hubungan yang signifikan pola asuh orang tua
dengan perilaku agresif pada anak usia sekolah.
Disarankan bagi otang
tua dapat
mengetahui tanda
-tanda perilaku agresif p
ada anak dan bagi peneliti lain dapat
mengembangkan penelitian ini dengan metode lain.