DETAIL DOCUMENT
Hubungan Frekuensi Menonton Tayangan Kekerasan di Televisi Terhadap Perilaku Agresif pada Anak Kelas IV di SD Glagahombo 1 Tempel
Total View This Week0
Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Lukmana, Ibna
Mamnu’ah, Mamnu’ah
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2018-01-02 01:30:53 
Abstract :
Latar Belakang: Data Komisi Perlindungan Anak pada tahun 2006 menunjukkan bahwa telah terjadi 22 kasus kekerasan yang dilakukan anak-anak yang berusia 5-12 tahun. Beberapa kasus tersebut terjadi karena anak-anak tersebut sering menonton acara yang mengandung kekerasan di televisi. Tujuan: Untuk menganalisis hubungan frekuensi menonton tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku agresif pada anak kelas IV di SD Glagahombo 1 Tempel. Metode: Menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan waktu cross sectional. Instrumen penelitian terdiri atas 2 kuesioner untuk mengukur agresivitas dan frekuensi menonton televisi. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 42 siswa kelas IV SD Glagahombo 1 Tempel. Instrumen analisis dalam penelitian ini adalah Spearman?s rho. Hasil: Uji analisis menghasilkan nilai signifikasi ?? ?? 0,000 pada taraf signifikasi ?? ?? 0,05 sehingga mengindikasikan hubungan yang signifikan antara menonton tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku agresif pada anak kelas IV di SD Glagahombo 1 Tempel. Saran: Siswa kelas IV SD Glagahombo I Tempel harus mengurangi frekuensi menonton tayangan kekerasan di televisi. Kata kunci : frekuensi menonton, tayangan kekerasan, televisi, perilaku agresif anak Kepustakaan : 25 buku , 7 website, 2 skripsi, 3 jurnal Jumlah halaman : 55 halaman, 8 tabel, 10 lampiran 
Institution Info

Universitas Aisyiyah Yogyakarta