Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Reza Marisca, 2010801054
Annisa Warastri, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Andhita Dyorita K, S. Psi., M. Psi., Psikolog
Subject
BF Psychology
Datestamp
2024-04-25 04:13:14
Abstract :
Hallyu/Korean wave istilah menggambarkan budaya populer korea yang berhasil
diekspor ke berbagai negara di dunia, salah satunya Indonesia. Hal ini menjadikan
remaja akhir memiliki ketertarikan terhadap banyak hal mengenai budaya Korea.
Ketertarikan ini menyebabkan penggemar korean wave yang memiliki kontrol diri
kurang baik dapat menjadikan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat hubungan antara kontrol diri terhadap perilaku konsumtif penggemar
Korean wave. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan
korelasional, Populasi penelitian menggunakan remaja akhir berusia 18-21 yang
pernah atau sedang melakukan pembelian merchandise. Sampel yang diambil
berjumlah 217 penggemar korean wave berdomisili di Indonesia. Teknik
pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Hasil uji korelasi
menggunakan uji Pearson Product Moment nilai p = 0,000 ( p<0,05) menunjukan
nilai r = -779, Hal ini menunjukan adanya hubungan kontrol diri dengan perilaku
konsumtif terdapat hubungan negatif. Artinya semakin rendah kontrol diri yang
dimiliki remaja akhir maka akan semakin tinggi perilaku konsumtif remaja akhir
penggemar korean wave. Hasil penelitian menunjukan nilai koefisien determinan
(R square) = 0,606, yang artinya kontrol diri memiliki pengaruh 60% dan sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.