Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Risa Addin Ekastuti, 1910801041
Andhita Dyorita K, S. Psi., M. Psi., Psikolog
Zahro Varisna Rohmadani, S.Psi., M.Psi., Psi
Subject
BF Psychology
Datestamp
2024-04-25 07:06:44
Abstract :
Mahasiswa merupakan makhluk sosial yang perlu membangun hubungan
sosial dengan lingkungannya, karena mahasiswa merupakan individu
yang memerlukan otonomi serta kebebasan dalam berinteraksi dengan
orang lain. Perkembangan teknologi dan informasi mengalami kemajuan
yang sangat pesat hal tersebut berdampak juga pada perkembangan
jaringan internet yang sangat cepat membuat pengguna gadget juga
mengalami peningkatan hal tersebut berdampak pada durasi penggunaan
gadget pada mahasiswa. Empati merupakan kemampuan seseorang
untuk mengerti, memahami tentang perasaan dan emosi pada orang lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara durasi
penggunaan gadget terhadap empati pada mahasiswa yang sedang
menempuh pendidikan di Yogyakarta. Variabel bebas pada penelitian ini
adalah durasi penggunaan gadget dan variabel tergantung adalah empati.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan
menggunakan alat ukur skala durasi penggunaan gadget dan empati.
Populasi subjek yaitu mahasiswa yang berdomisili di Yogyakarta dengan
usia 18-25 tahun, teknik pengumpulan data yang digunakan dengan
purposive sampling, diambil 103 mahasiswa. Teknik analisis data yang
digunakan adalah Spearman rho atau rank spearman. Berdasarkan hasil
analisis data yang diperoleh nilai koefisien korelasi menunjukkan nilai
P=0,00<0.05 yang artinya kedua variabel tersebut tidak berkorelasi. Hasil
kategorisasi durasi penggunaan gadget 100% tergolong rendah dan untuk
empati 18,4% taraf empati rendah pada jenis kelamin laki-laki sedangkan
pada perempuan memiliki taraf empati yang sedang dan tinggi dengan
presentase 76,7% dan 4,9%.