Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Nurhayati, Yesi
Isnaeni, Yuli
Subject
HA Statistics
Datestamp
2017-12-05 07:38:48
Abstract :
Latar Belakang : Ketidakmerataan mutu dan pembiayaan fasilitas rumah
sakit mengakibatkan layanan yang diterima peserta BPJS akan berbeda.
Dampaknya akan menghasilkan kesehatan yang berbeda pula bagi pesertanya.
Mutu pelayanan kesehatan rumah sakit mempengaruhi kepuasan pasien.
Tujuan : Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu
pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di RS PKU
Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2015.
Metode : Jenis skripsi adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross
sectional. Subyek skripsi adalah semua pasien peserta BPJS yang periksa di
Klinik Kebidanan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta selama bulan Juni 2015
berjumlah 75 orang. Analisis data menggunakan uji Kendal Tau.
Hasil : Dari peserta BPJS di RS PKU Muhammadiyah dinyatakan mutu
pelayanan kesehatan sangat baik yaitu 36 orang (48%) dengan tingkat kepuasan
peserta BPJS diterima sangat puas yaitu 31 orang (41,3%). Hasil Uji Kendall tau
didapatkan (?) 0,349 dengan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05.
Simpulan : Ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan terhadap
kepuasan pasien peserta BPJS di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta tahun
2015. Saran bagi BPJS agar dapat meningkatan mutu pelayanan dan
mempermudah peserta BPJS dalam mengurus administrasi pembiayaan rumah
sakit.