DETAIL DOCUMENT
Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di RS PKU Muhammadiyah Yogyakrta
Total View This Week0
Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Nurhayati, Yesi
Isnaeni, Yuli
Subject
HA Statistics 
Datestamp
2017-12-05 07:38:48 
Abstract :
Latar Belakang : Ketidakmerataan mutu dan pembiayaan fasilitas rumah sakit mengakibatkan layanan yang diterima peserta BPJS akan berbeda. Dampaknya akan menghasilkan kesehatan yang berbeda pula bagi pesertanya. Mutu pelayanan kesehatan rumah sakit mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan : Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2015. Metode : Jenis skripsi adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek skripsi adalah semua pasien peserta BPJS yang periksa di Klinik Kebidanan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta selama bulan Juni 2015 berjumlah 75 orang. Analisis data menggunakan uji Kendal Tau. Hasil : Dari peserta BPJS di RS PKU Muhammadiyah dinyatakan mutu pelayanan kesehatan sangat baik yaitu 36 orang (48%) dengan tingkat kepuasan peserta BPJS diterima sangat puas yaitu 31 orang (41,3%). Hasil Uji Kendall tau didapatkan (?) 0,349 dengan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Simpulan : Ada hubungan antara mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2015. Saran bagi BPJS agar dapat meningkatan mutu pelayanan dan mempermudah peserta BPJS dalam mengurus administrasi pembiayaan rumah sakit. 
Institution Info

Universitas Aisyiyah Yogyakarta