Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Rachmandhito, Lutfie
Nawangsih, Umu Hani Edi
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2017-12-30 03:05:56
Abstract :
Latar belakang : Perkembangan sosialisasi anak sangat dipengaruhi oleh
lingkungan keluarga, baik orang tua maupun sibling. Lingkungan terdekat anak
adalah keluarga sehingga pada hakekatnya keluarga merupakan tempat pembentukan
masing-masing anggotanya, terutama anak-anak yang masih berada dalam dalam
bimbingan tanggung jawab orangtuanya.
Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya hubungan lingkungan
keluarga dengan kemampuan sosialisasi anak usia 3-5 tahun di TK Ngesti Rini
Kadisono Margorejo Tempel Sleman Yogyakarta.
Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan
rancangan korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah orangtua yang mengikut
sertakan anaknya bermain dan belajar di TK Ngesti Rini sebanyak 65 responden.
Analisa data menggunakan spearman?s rho.
Hasil : 3 responden (4,6%) dengan lingkungan keluarga sedang dan kemampuan
sosialisasi cukup, 1 responden (1,5%) lingkungan keluarga sedang dan kemampuan
sosialisasi anaknya baik dan 16 responden (24,7%) dengan lingkungan keluarga yang
sudah baik memiliki kemampuan sosialisasi anak yang cukup. Hasil nilai
Spearman?s rho test 0,000.
Kesimpulan : Ada hubunganlingkungan keluarga dengan kemampuan sosialisasi
anak usia 3-5 tahun di TK Ngesti Rini Kadisono Margorejo Tempel Sleman
Yogyakarta.
Saran : Penelitian selanjutnya disarankan agar menggunakan desain penelitian yang
berbeda, seperti metode wawancara sehingga dapat memberikan informasi yang
lebih akurat terkait dengan lingkungan keluarga dengan kemampuan sosialisasi anak.