DETAIL DOCUMENT
Hubungan Perilaku Ibu dalam Memenuhi Kebutuhan Gizi Anak dengan Status Gizi Anak Sekolah Kelas 1 SD N Kaligondang Bantul Yogyakarta
Total View This Week0
Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Wardani, Ratri Kusuma
Sumaryani, Sri
Subject
BJ Ethics 
Datestamp
2018-01-02 07:16:31 
Abstract :
Latar Belakang: Anak usia sekolah adalah investasi bangsa karena anak usia tersebut merupakan generasi penerus bangsa. Tumbuh berkembangnya anak usia sekolah yang optimal tergantung pada pemberian gizi dengan kualitas dan kuantitas yang benar. Perilaku orang tua dalam memenuhi kebutuhan gizi anak sangat penting karena untuk dapat menciptakan generasi masa datang yang lebih baik dan menjadi faktor penentu tingkat kesehatan anak. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara perilaku ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi anak sekolah kelas I dengan status gizi anak sekolah di SD N Kaligondang Bantul Yogyakarta tahun 2012. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelatif dan pendekatan waktu cross sectional. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh dengan jumlah responden 36 orang. Analisa data menggunakan Kendall Tau (?). Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk perilaku ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi anak dan status gizi menggunakan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara perilaku ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi anak dengan status gizi anak sekolah kelas I di SD N Kaligondang Bantul Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,233 dengan tingkat signifikansi (p) sebesar 0,157. Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara perilaku ibu dalam memenuhi kebutuhan gizi anak dengan status gizi anak sekolah kelas I di SD N Kaligondang Bantul Yogyakarta. Saran: Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian lanjutan dengan menambah sampel dan memperbaiki instrumen penelitian. 
Institution Info

Universitas Aisyiyah Yogyakarta