Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Puspasari, Rizka
Rahmat, Ibrahim
Subject
BF Psychology
Datestamp
2017-12-30 02:18:38
Abstract :
Latar belakang:. Kondisi kecacatan/ ketunaan pada anak tunagrahita mengakibatkan anak
mengalami hambatan dalam menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan. Umumnya akan
berakibat pada perkembangan proses kemandirian dalam hidupnya. Kemandirian merupakan
salah satu kebutuhan hidup manusia begitu juga dengan anak tunagrahita. Peran orang tua
sangatlah penting dalam proses perawatan anak tunagrahita, karena antara orang tua dan anak
mempunyai ikatan emosional yang lebih besar dibandingkan dengan yang lain.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua, tingkat kemandirian
anak tunagrahita, dan hubungan peran orang tua dengan tingkat kemandirian anak tunagrahita
kelas dasar di SLB N I Yogyakarta.
Metode Penelitian: Pengumpulan data dilakukan pada bulan Februari ? Maret 2012, dengan
desain penelitian deskriptif korelasi dan pendekatan waktu cross sectional. Sampel diambil
dengan teknik simple random sampling sebanyak 35 responden. Teknik analisis data
menggunakan analisis korelasi spearman rank.
Hasil: Analisa hubungan peran orang tua dengan tingkat kemandirian anak tunagrahita kelas
dasar di SLB N I Yogyakarta. Didapatkan hasil korelasi antar variabel yaitu r = 0,118 dengan
taraf signifikansi 0,279 (> 0,05). Hal ini menunjukkan Ha ditolak.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara peran orang tua dengan tingkat
kemandirian anak tunagrahita kelas dasar di SLB N I Yogyakarta tahun 2012.
Saran: Bagi SLB N I Yogyakarta tetap berkontribusi serta memberikan dorongan berupa
pendidikan dengan meningkatkan pelayanan pendidikan serta mempertahankan pembelajaran
bina diri yang sudah ada untuk meningkatan kemandirian anak tunagrahita.