Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Rahayu, Sidha Pertiwi
Kurniawati, Tenti
Subject
R Medicine (General)
Datestamp
2017-12-30 03:17:02
Abstract :
Latar belakang: Hak pasien merupakan hak pribadi yang dimiliki manusia sebagai pasien.
Salah satu hak pasien ialah untuk mendapatkan informasi yang jelas, benar dan jujur sesuai
dengan kondisinya. Informasi yang mudah diterima akan jelas hasilnya dan lebih efektif
proses komunikasi. Apabila komunikasi tidak dilakukan kepada pasien akan terjadi kesalahan
dalam pemberian tindakan seperti kesalahan nama pasien, kesalahan pemberian obat dan
kesalahan dalam pemberian infus.
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik
perawat dengan terpenuhinya hak pasien mendapatkan tindakan di rawat inap RSU PKU
Muhammadiyah Nanggulan Kulon Progo.
Hasil: Analisa komunikasi terapeutik perawat sebagian besar dalam kategori cukup sebanyak
25 pasien (78,10%) dan terpenuhinya hak pasien cukup dalam mendapatkan informasi
tindakan sebanyak 27 pasien (84,37%). Hasil uji Spearman rank correlation diperoleh nilai p
value sebesar 0,001 dan nilai significancy p < 0,05.
Kesimpulan: ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan terpenuhinya hak
pasien mendapatkan tindakan di rawat inap RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan Kulon
Progo.
Saran: Bagi perawat di RSU PKU Muhammadiyah Nanggulan untuk meningkatkan tahaptahap
komunikasi yang meliputi perawat menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan, perawat
menjelaskan maksud dan tujuan tindakan yang akan dilakukan dan memberikan pujian positif
kepada klien dengan harapan terpenuhinya hak pasien mendapatkan informasi.