Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Hasanah, Lailatul
Koeswandari, Retno
Subject
AS Academies and learned societies (General)
Datestamp
2017-11-20 06:28:31
Abstract :
INTISARI
Latar belakang: Pendidikan dan pelatihan merupakan upaya untuk mengembangkan
sumber daya manusia, terutama untuk mengembangkan kemampuan kognitif, afektif
dan psikomotorik, namun masih banyak penurunan kinerja perawat karena
kurangnya pendidikan dan pelatihan yang diikuti oleh perawat. Penurunan kinerja
perawat dapat menimbulkan dampak terhadap citra rumah sakit. Dampak yang dapat
ditimbulkan seperti menurunnya permintaan kebutuhan pelayanan kesehatan.
Tujuan penelitian: Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan
dan pelatihan dengan kinerja perawat dalam pelayanan kesehatan di RSUD Muntilan
Kabupaten Magelang.
Metode penelitian: Penelitian non eksperimen menggunakan metode survey analitik
dengan pendekatan cross sectional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner tertutup. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 Januari-4 Februari 2015.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 126 perawat dengan sampel sebanyak 56
responden yang diambil dengan dengan cara purposive sample. Teknik analisa data
menggunakan rumus kendall tau.
Hasil penelitian: Hasil penelitian didapatkan nilai P value 0,008 (P<0,05) sehingga
terdapat hubungan antara pendidikan dan pelatihan dengan kinerja perawat dalam
pelayanan kesehatan di RSUD Muntilan Kabupaten Magelang.
Kesimpulan: Sebagian besar responden mendapatkan pendidikan dan pelatihan baik
(51,8%) dan kinerja baik (83,9%).
Saran: Diharapkan setiap perawat mengikuti pendidikan dan pelatihan secara rutin
dan memberi kesempatan kepada perawat untuk melanjutkan sekolah ke jenjang
pendidikan yang lebih tinggi untuk meningkatkan profesionalisme profesi
keperawatan.
Kata kunci : Pendidikan dan pelatihan, Kinerja perawat
Kepustakaan : 50 buku (2000-2013), 18 jurnal, 9 tesis, 6 skripsi, 33 internet
Jumlah halaman : xiii, 114 halaman, 22 tabel, 5 skema, 11 lampiran