Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Suryati, Suryati
Syaifudin, Syaifudin
Subject
AC Collections. Series. Collected works
Datestamp
2018-01-02 04:41:10
Abstract :
Latar Belakang: Salah satu yang menentukan kepuasan pasien adalah mutu
pelayanan keperawatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan, bahkan menjadi salah
satu faktor penentu citra institusi pelayanan kesehatan (Rumah Sakit) di mata
masyarakat. Salah satu indikator mutu layanan keperawatan adalah kepuasan pasien.
Kepuasan pasien harus senantiasa terjaga bila Rumah Sakit ingin tetap eksis dalam
pelayanan kesehatan. Selain faktor mutu pelayanan keperawatan ada juga faktor yang
mempengaruhi kepuasan yaitu karakteristik produk, Harga, Pelayanan, Lokasi,
Fasilitas, Image, Desain visual, Suasana, Komunikasi.
Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan
keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di kelas 3 Rumah Sakit PKU
Muhammadiyah.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan studi
korelasi. Metode pendekatan waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross
sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang rawat inap di
bangsal Marwah dan Arofah Rumah Sakit PKU Muhammadiah Yogyakarta,
sejumlah 400 responden. Sampel diambil dengan simple random sampling, sejumlah
67 responden. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan kuesioner. Teknik
analisis untuk menguji hipotesis analisis korelasi Product Moment dengan taraf
signifikansi 5%.
Hasil Penelitian: menunjukan bahwa mutu pelayanan keperawatan yang diberikan
RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dalam katagori baik (55,2%), dan kepuasan
pasien rawat inap di RS.PKU Muhammadiyah Yogyakarta termasuk katagori puas
(95,5%).
Kesimpulan: ada hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan keperawatan
dengan kepuasan pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.
Saran: Diharapkan bagi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta agar lebih
memperhatikan pelayanan, dengan memberikan pelayanan yang terbaik sehingga
dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien dapat
terwujud.