Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Hamdani, Tavip
Syaifudin, Syaifudin
Subject
AC Collections. Series. Collected works
Datestamp
2017-12-27 06:25:45
Abstract :
Latar belakang : Mutu pelayanan keperawatan sangat mempengaruhi kualitas
pelayanan kesehatan, bahkan menjadi faktor penentu citra institusi puskesmas. Salah
satu indikator mutu layanan keperawatan adalah kepuasan pasien. Untuk
mewujudkan hal tersebut perawat dituntut untuk menjaga profesionalisme perilaku
dalam memberikan layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan perilaku perawat dalam memberikan layanan kesehatan dengan tingkat
kepuasan pasien rawat jalan di Poli Umum Puskesmas Panjatan 1 Kulon Progo.
Metode penelitian : Jenis penelitian ini deskriptif korelasi dengan pendekatan cross
sectional. Sampel adalah pasien di Poli Umum Puskesmas Panjatan 1 Kulon Progo
sebanyak 167 responden. Analisis data menggunakan Spearman Rank. Hasilnya
Perilaku perawat di Poli Umum Puskesmas Panjatan 1 Kulon Progo paling banyak
perilaku kurang baik yaitu 63 (39,5%). Tingkat kepuasan pasien paling tinggi adalah
kepuasan sedang yaitu 137 (82%) pasien. Hasil Uji Spearman Rank didapatkan nilai
r = 0,414 dengan taraf signifikasi 0,000.
Kesimpulan : Ada hubungan perilaku perawat dalam memberikan layanan
kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Poli Umum Puskesmas
Panjatan 1 Kulon Progo. Puskesmas Panjatan 1 Kulon Progo diharapkan mampu
meningkatkan perilaku perawat dalam memberikan layanan kesehatan agar
didapatkan tingkat kepuasan pasien sesuai harapan.