DETAIL DOCUMENT
Hubungan Perilaku Perawaat dalam Memberikan Layanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Poli Umum Puskesmas Panjatan 1
Total View This Week0
Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Hamdani, Tavip
Syaifudin, Syaifudin
Subject
AC Collections. Series. Collected works 
Datestamp
2017-12-27 06:25:45 
Abstract :
Latar belakang : Mutu pelayanan keperawatan sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan, bahkan menjadi faktor penentu citra institusi puskesmas. Salah satu indikator mutu layanan keperawatan adalah kepuasan pasien. Untuk mewujudkan hal tersebut perawat dituntut untuk menjaga profesionalisme perilaku dalam memberikan layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku perawat dalam memberikan layanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Poli Umum Puskesmas Panjatan 1 Kulon Progo. Metode penelitian : Jenis penelitian ini deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah pasien di Poli Umum Puskesmas Panjatan 1 Kulon Progo sebanyak 167 responden. Analisis data menggunakan Spearman Rank. Hasilnya Perilaku perawat di Poli Umum Puskesmas Panjatan 1 Kulon Progo paling banyak perilaku kurang baik yaitu 63 (39,5%). Tingkat kepuasan pasien paling tinggi adalah kepuasan sedang yaitu 137 (82%) pasien. Hasil Uji Spearman Rank didapatkan nilai r = 0,414 dengan taraf signifikasi 0,000. Kesimpulan : Ada hubungan perilaku perawat dalam memberikan layanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Poli Umum Puskesmas Panjatan 1 Kulon Progo. Puskesmas Panjatan 1 Kulon Progo diharapkan mampu meningkatkan perilaku perawat dalam memberikan layanan kesehatan agar didapatkan tingkat kepuasan pasien sesuai harapan. 
Institution Info

Universitas Aisyiyah Yogyakarta