Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Pramudiastuti, Widyatin
Mamnu’ah, Mamnu’ah
Subject
BF Psychology
Datestamp
2017-12-29 07:18:53
Abstract :
Latar belakang masalah: Anak usia sekolah merupakan anak yang berada pada
rentang kehidupan antara umur 6 sampai kira-kira pada umur 12 tahun. Pada masa
ini, pemahaman dan penilaian mengenai diri semakin berkembang menjadi lebih
sadar dan realistis yang berdampak pada perkembangan harga diri anak.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh pelatihan pengenalan
diri terhadap harga diri anak kelas V di Sekolah Dasar Negeri Glagah Umbulharjo
Kota Yogyakarta.
Metodologi: Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan non equivalent
control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah (10-11
tahun) yang duduk di kelas V Sekolah Dasar Negeri Glagah Umbulharjo Kota
Yogyakarta sebanyak 26 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan
kuesioner Coopersmith Self-esteem Inventory bentuk pendek. Analisis data
menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test.
Hasil penelitian: Hasil uji paired sample t-test didapatkan nilai signifikansi 0,183
(p > 0,05), berarti tidak ada perbedaan harga diri sebelum dan sesudah diberikan
pelatihan pengenalan diri pada kelompok eksperimen. Hasil uji independent sample
t-test. didapatkan nilai signifikansi 0,361 (p > 0,05), berarti tidak ada perbedaan
harga diri antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah pelatihan
pengenalan diri.
Kesimpulan: Tidak ada pengaruh pelatihan pengenalan diri terhadap harga diri anak
kelas V di Sekolah Dasar Negeri Glagah Umbulharjo Kota Yogyakarta.
Saran: Bagi wali kelas dan guru mata pelajaran agar dapat memadukan antara
intervensi langsung berupa pujian dan umpan balik kinerja dengan pendekatan tidak
langsung berupa pembinanaan pada bidang-bidang khusus seperti kinerja akademik
sebagai pelajar, terbinanya hubungan dengan teman sebaya, dan kinerja motorik agar
dapat meningkatkan harga diri siswa.