DETAIL DOCUMENT
Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap dengan Perilaku Ibu dalam Stimulasi Perkembangan Anak Usia 0-12 Bulan di Puskesmas Mergangsan Kota Yogyakarta
Total View This Week0
Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Sari, Devi Elfita
Khusnal, Ery
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2017-12-30 06:53:33 
Abstract :
Latar Belakang: Anak merupakan generasi penerus bangsa yang mewarnai masa kini dan masa mendatang. Karena itu, anak mempunyai hak untuk diperhatikan perkembangan hidupnya. Di Indonesia angka kesadaran ibu dalam stimulasi perkembangan anak usia 0-12 bulan masih rendah. UNICEF mengungkap sebanyak 165 juta anak diseluruh dunia terhambat perkembangan fisik dan otaknya dikarenakan perilaku ibu yang kurang baik. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dengan perilaku ibu dalam stimulasi perkembangan anak usia 0-12 bulan. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode analitik korelasi dengan pendekatan waktu Cross Sectional. Pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan simple random sampling berjumlah 60 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan statistik Parametrik dengan teknik analisis Kolmogorov-Smirnov. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan ibu dalam stimulasi perkembangan anak adalah cukup (50%), sikap ibu adalah baik (43,3%) dan perilaku ibu adalah cukup (48,3%). Simpulan: Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku ibu dalam stimulasi perkembangan anak usia 0-12 bulan (0,000<0,05) dan ada hubungan yang signifikan antara sikap dengan perilaku ibu dalam stimulasi perkembangan anak usia 0-12 bulan (0,000<0,05). Saran: Bagi ibu hendaknya secara aktif mencari informasi melalui media eletronik atau petugas kesehatan tentang stimulasi perkembangan anak yang benar. 
Institution Info

Universitas Aisyiyah Yogyakarta