Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Siddik, M Fathir
Darsih, Darsih
Subject
BF Psychology
Datestamp
2017-11-20 06:33:57
Abstract :
INTISARI
Latar Belakang : Alat permainan edukatif dapat meningkatkan perkembangan
intelektual, sosial, emosional dan perkembangan fisik. Alat permainan edukatif
dirancang untuk mendorong capaian perkembangan yang normal pada kelompok usia
yang tepat.
Tujuan : Penelitian menganalisis hubungan antara penggunaan alat permainan
edukatif dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun di PAUD Uswatun Hasanah
Sleman Yogyakarta tahun 2015.
Metode : Metode penelitian kuantitatif dengan rancangan survey analitik dan
pendekatan cross sectional. Responden penelitian terdiri dari 32 anak usia 3-5 tahun
dan diambil dengan teknik probability proportional sampling. Pengumpulan data
menggunakan instrument kuesioner dengan teknik uji Kendaall Tau.
Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan signifikan antara
penggunaan alat permainan edukatif dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun di
PAUD Uswatun Hasanah Sleman Yogyakarta tahun 2015. Analisis Kendall Tau
menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi ?? = 0,05 diperoleh nilai ?? = 0,000
sehingga ??? 0,05.
Simpulan : (1) Sebagian besar responden diketahui mendapatkan alat permainan
edukatif dengan baik, (2) Sebagian besar responden diketahui memiliki tingkat
perkembangan yang normal, (3) Ada hubungan signifikan antara penggunaan alat
permainan edukatif dengan perkembangan anak usia 3-5 tahun di PAUD Uswatun
Hasanah Sleman Yogyakarta tahun 2015.
Saran : Hasil penelitian ini menyarankan PAUD Uswatun Hasanah Sleman
Yogyakarta untuk memberikan permainan yang mampu menstimulasi perkembangan
bahasa anak usia 3-5 tahun.
Kata Kunci : alat permainan edukatif, perkembangan anak, prasekolah
Kepustakaan : 22 buku (2005-2015), 3 jurnal, 8 skripsi, 4 artikel website
Jumlah Halaman : xiv halaman, 70 halaman, 6 tabel, 6 gambar, 10 lampiran