Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Rahayuningtyas, Fajar
Mawarti, Retno
Subject
RJ Pediatrics
Datestamp
2017-12-30 03:18:26
Abstract :
Latar belakang : Dampak yang mungkin terjadi jika aspek perkembangan tidak mendapat pemantauan stimulasi akan menyebabkan proses tumbuh kembang anak tidak optimal sehingga bakat dan potensi yang ada pada diri anak tidak tergali atau jika anak mengalami gangguan perkembangan seperti keterlambatan tidak dapat segera diketahui (Harlisa dkk, 2010).
Tujuan : Diketahuinya perbedaan aspek perkembangan anak usia prasekolah antara siswa baru dan siswa lama di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Cut Nyak Dien Kretek, Bantul.
Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa lama yang dan siswa baru di SPS Cut Nyak Dien Kretek, Bantul yang berjumlah 57 anak. Dasar pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 30 anak. Alat yang digunakan untuk mengukur aspek perkembangan anak usia prasekolah yaitu dengan menggunakan lembar formulir Denver II.
Hasil penelitian : Hasil uji normalitas dengan menggunakan analisis Shapiro Wilk diperoleh nilai p value <0,05. Dapat disimpulkan bahwa distribusi data pada penelitian ini tidak normal, sehingga uji bivariat yang digunakan adalah uji Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney diperoleh p-value 0,032. Berdasarkan ketentuan pada uji Mann-Whitney bahwa jika nilai p-value <0,05 maka Ho ditolak. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan aspek perkembangan anak usia prasekolah antara siswa baru dan siswa lama di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Cut Nyak Dien Kretek, Bantul.
Simpulan : Ada perbedaan aspek perkembangan anak usia prasekolah antara siswa baru dan siswa lama di Satuan PAUD Sejenis (SPS) Cut Nyak Dien Kretek, Bantul dengan nilai p-value 0,032 (p-value < 0,05).
Saran : Bagi siswa Satuan PAUD Sejenis (SPS) Cut Nyak Dien Kretek, Bantul diharapkan untuk terus aktif dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Kata kunci : stimulasi, aspek perkembangan anak, siswa
Referensi : 17 buku, 6 jurnal, 14 web
Jumlah halaman : i-xiv dan 1-54