Institusion
Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Author
Rizka, Fidiya
Rokhanawati, Dewi
Subject
BF Psychology
Datestamp
2019-08-10 07:05:16
Abstract :
Latar Belakang: Pembelajaran Real Teaching bertujuan melatih dan memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa sebagai bekal pengembangan kompetensi yang diperlukan (Hamruni, 2009). Real teaching atau pekerjaan apapun dapat dikerjakan dengan hasil yang baik apabila memiliki kesiapan yang matang. Faktor kecemasan apabila ada dalam ambang tertentu akan mendorong untuk memiliki kekuatan dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
Tujuan: Untuk Mengetahui hubungan kesiapan dengan tingkat kecemasan menghadapi real teaching pada mahasiswa DIV Aanvullen di STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014.
Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan waktu cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Juli 2014. Variabel Bebas adalah kesiapan, dan variabel terikatnya adalah tingkat kecemasan pada mahasiswa aanvullen dalam menghadapi real teaching. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling sebanyak 37 mahasiswa. Analisa data menggunakan Spearman Rank.
Hasil: Hasil uji statistik didapatkan nilai koefisien korelasi besar 0,476 dengan taraf signifikansi 0,003.
Simpulan: Ada hubungan antara kesiapan dengan tingkat kecemasan menghadapi real teaching pada mahasiswa aanvullen di STIKES ?Aisyiyah Yogyakarta tahun 2014.
Saran: Bagi mahasiswa aanvullen diharapkan meningkatkan kemampuan agar lebih terampil dan kreatif dalam merancang metode pembelajaran agar lebih interaktive, serta meningkatkan rasa percaya diri dan persiapan materi perkuliahan sebelum mengajar.