DETAIL DOCUMENT
PROSES PENGOLAHAN PESAN PERSUASI DAN EFEK PERUBAHAN SIKAP PADA KONSUMEN RAMAYANA DEPARTMENT STORE YOGYAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
BELLANANDRA, REGINA
Subject
Public Relations 
Datestamp
2016-08-16 08:10:37 
Abstract :
Penelitian ini ingin melihat bagaimana proses pengolahan pesan persuasi dan efek perubahan sikap kepada konsumen Ramayana Department Store Yogyakarta dengan menggunakan landasan teori Elaboration Likelihood Model yang dikembangkan Richard E Petty dan John T Cacioppo yang di dalamnya terdapat dua jalur pengolahan pesan persuasi yang dapat mengubah sikap seseorang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni teknik wawancara atau interview secara on the spot dengan subjek penelitian ialah sepuluh konsumen Ramayana Department Store Yogyakarta yang di pilih secara acak ketika kegiatan perbelanjaan konsumen sedang berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan sepuluh konsumen menggunakan kedua jalur pengolahan pesan persuasi yang diberikan Team Service Ramayana yakni jalur central dan jalur peripheral. Jalur pengolahan peripheral muncul ditandai dengan ketertarikan para informan terhadap penampilan interpersonal atau cara penyampaian pesan persuasi Team Service, sedangkan jalur central muncul ketika informan melibatkan pemikiran kritis mereka untuk melakukan banyak pertimbangan sebelum merubah sikap mereka. Dari kedua penggunaan jalur pengolahan pesan persuasi muncul perubahan sikap yang melibatkan respon kognitif dan afektif ditiap individu konsumen. Perubahan sikap tersebut membuat konsumen tertarik terhadap pesan persuasi hingga percaya terhadap pesan persuasi yang diberikan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa jalur peripheral merupakan jalur pengolahan pesan persuasi yang dominan digunakan oleh kesepuluh konsumen dalam mengubah sikap mereka menjadi tertarik dan percaya terhadap pesan persuasi yang diberikan oleh Team Service Ramayana department store Yogyakarta. 
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta