Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Christantyo, Bernandus Bobby
Subject
Komunikasi
Datestamp
2016-08-19 09:47:20
Abstract :
Fenomena serbuan berbagai macam merek mobil dari pabrikan asal negaranegara
Asia dan Eropa yang sebelumnya belum pernah menjajal Indonesia, kini dengan
berani menwarkan produk-produknya dengan harga murah. Sebelum memutuskan untuk
membeli mobil, para konsumen harus mempunyai keyakinan terlebih dahulu terhadap
suatu merek, dan tugas perusahaan adalah mengidentifikasi elemen ekuitas merek yang
bisa mempengaruhi rasa percaya diri pelanggan atas keputusan pembelian. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah asosiasi merek Honda Jazz berpengaruh
pada keputusan pembelian Honda jazz pada anggota Jazz Fit Club regional Yogyakarta.
Variabel-variabel yang diteliti adalah asosiasi merek, keputusan pembelian serta sumber
informasi yang berupa kelompok acuan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Penelitian dilakukan secara bertemu langsung dan penulis menyebar kuesioner kepada
para anggota komunitas Jazz Fit Club pada bulan November ? Desember 2015. Jumlah
populasi 130 orang, dan penulis mengambil sampel sejumlah 100 orang. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data yang didapatkan melalui survei kuesioner
kepada responden dan juga data berupa studi kepustakaan, brosur Honda Jazz dan
dokumentasi lain yang diambil dari sistem online. Teknik analisis dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan
program SPSS 21.
Desain bagus dan menarik yang dimiliki Honda Jazz serta kemampuan Honda
Jazz untuk menjadi cerminan masyarakat urban (perkotaan) diyakini dapat meningkatkan
keputusan pembelian para konsumen. Oleh karena itu sejak awal peluncurannya, Honda
Jazz memunculkan asosiasi-asosiasi yang bisa mewakili konsumennya. Penelitian ini
membuktikan bahwa asosiasi merek yang berupa desain Honda Jazz yang bagus dan
Honda Jazz yang erat dengan masyarakat perkotaan mempunyai pengaruh terhadap
keputusan pembelian. Penelitian ini juga membuktikan bahwa informasi yang didapatkan
konsumen dari anggota komunitas otomotif juga mempunyai pengaruh terhadap
keputusan pembelian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya 3 dari 10 asosiasi merek yang
berpengaruh terhadap keputusan pembelian, yaitu desain yang bagus (probabilitas 0,003),
erat dengan masyarakat perkotaan (probabilitas 0,000) dan erat dengan anak muda
(probabilitas 0,036). Oleh karena itu perusahaan diharapkan menampilkan iklan dalam
tayangan di televisi maupun di media cetak, harus memuat unsur-unsur asosiasi dengan
lebih detail, seperti foto produk diperlihatkan dengan jelas (desain yang bagus & varian
warna yang menarik), menggunakan background landscape perkotaan (erat dengan
masyarakat kota), model iklan anak muda (erat dengan anak muda), mencamtumkan
harga yang jelas, memberikan garansi dalam jangka panjang, fitur-fitur dicantumkan
dengan jelas