Abstract :
Aktivitas promosi merupakan salah satu hal penting untuk
memperkenalkan produk/jasa kepada khalayak. Aktivitas promosi dalam
memasarkan desa wisata Palgading memiliki tujuan agar desa wisata Palgading
dikenal oleh masyarakat dan meningkatkan jumlah wisatawan untuk datang ke
desa wisata Palgading. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana
aktivitas promosi yang dilakukan oleh pengelola desa wisata Palgading.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif.
Obyek riset ini adalah pengelola desa wisata Palgading, dengan informan
utamanya adalah kepala desa Palgading sekaligus kepala pengelola desa wisata
Palgading.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa aktivitas promosi dari
desa wisata Palgading menggunakan cara seperti membuat situs di internet berupa
blog dan aktif di social media, kemudian bekerjasama dengan dinas pariwisata
untuk membantu mengkomunikasikan tentang desa wisata Palgading ke
wisatawan. Aktivitas promosi dari desa wisata Palgading dapat dikatakan berhasil
ketika sudah banyak wisatawan yang mengetahui tentang desa wisata Palgading
dan juga mengingat citra tentang Desa Wisata Palgading.