Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
SINAMBELA, MARIA ELISABET
Subject
Advertising
Datestamp
2016-08-19 13:08:33
Abstract :
Instagram merupakan salah satu social media yang saat ini banyak digunakan oleh
masyarakat maupun produsen barang atau jasa sebagai wadah photo sharing dan bahkan
digunakan sebagai media promosi serta berjualan. Instagram menjadi salah atu social media
yang banyak diminati oleh manusia saat ini karena sangat mudah diakses, simpel, dan lebih enak
dilihat karena instagram menampilkan gambar.
Akun instagram elsbeuaty7 merupakan salah satu online seller yang menjual berbagai
jenis kosmetik pada perempuan. Elsbeuaty7 menjual kosmetik perempuan dari berbagai merekmerek
kosmetik terkenal. Harga yang ditawarkan elsbeuaty7 relatif lebih murah dibandingkan
ketika konsumen membeli lansung di store brand itu sendiri. Elsbeauty7 guna menanamkan
kepercayaan dalam benak konsumennya, sengaja menawarkan produk-produk yang menurut
elsbeuaty7 sendiri berkualitas bagi para calon kosumennya. Kepercayaan bagi calon konsumen
tersebut diharapkan dapat mempengaruhi minat beli kosmetik terutama pada followers yang
berjenis kelamin perempuan, sejalan dengan tujuan dari penelitian ini mengetahui bagaimana
pengaruh tingkat kepercayaan terhadap minat beli kosmetik untuk perempuan.
Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan metode survey. Peneliti mengambil
sampel sebanyak 100 orang kepada followers yang berjenis kelamin perempuan, serta
menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Akhirnya kesimpulan pada penelitian
ini didapatkan bahwa Nilai thitung X1 sebesar 4,285 > ttabel 2,000 maka dapat disimpulkan
bahwa H0 ditolak, berarti tingkat kepercayaan rasional berpengaruh signifikan terhadap minat
beli kosmetik perempuan oleh followers akun instagram elsbeauty7. Nilai thitung X2 sebesar
5,548 > ttabel 2,000 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, berarti tingkat kepercayaan
emosional berpengaruh signifikan terhadap minat beli kosmetik perempuan oleh followers akun
instagram elsbeauty7. Berdasarkan data thitung yang didapatkan, nilai thitung X2 > thitung X1,
sehingga lebih besar pengaruh tingkat kepercayaan emosional (X2) terhadap minat beli kosmetik
perempuan oleh followers akun instagram elsbeauty7 (Y).