DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS BARISTA STARBUCKS YOGYAKARTA SEBAGAI KOMUNIKATOR DALAM PROGRAM “COFFEE TALK” TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PELANGGAN TENTANG KOPI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Setyaningrum, Malinda Triyanti
Subject
Public Relations 
Datestamp
2016-08-19 13:18:04 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan melihat perkembangan bisnis Coffee Shop dengan inovasi yang dilakukannya untuk menjaga eksistensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas komunikasi yang dilakukan barista untuk memengaruhi pengetahuan pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Publik dan Customer Knowledge Management. Metode penelitian yang dipilih adalah metode eksplanatif survey yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner kepada pelanggan Starbucks Yogyakarta yang sudah pernah mengikuti program Coffee Talk. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa kredibilitas barista memengaruhi penerimaan pelanggan terhadap informasi yang disampaikan, semakin barista tersebut dipercaya maka semakin tinggi pula penerimaan pelanggan terhadap sebuah informasi. Namun ditemukan juga bahwa ada hal-hal lain yang memengaruhi pengetahuan pelanggan, yaitu seperti pengalaman, sumber informasi lain, ketersediaan fasilitas, dan lain-lain. Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa kualitas barista sebagai komunikator membawa pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat pengetahuan pelanggan dengan nilai koefisien relasi ( r ) sebesar 0,413 dan signifikansi sebesar 0,001 

Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta