Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Setyaningrum, Malinda Triyanti
Subject
Public Relations
Datestamp
2016-08-19 13:18:04
Abstract :
Penelitian ini dilakukan melihat perkembangan bisnis Coffee Shop dengan inovasi
yang dilakukannya untuk menjaga eksistensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas komunikasi yang dilakukan barista
untuk memengaruhi pengetahuan pelanggan.
Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Publik dan Customer Knowledge
Management. Metode penelitian yang dipilih adalah metode eksplanatif survey
yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel. Data yang
diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan kuesioner kepada pelanggan
Starbucks Yogyakarta yang sudah pernah mengikuti program Coffee Talk.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa kredibilitas barista
memengaruhi penerimaan pelanggan terhadap informasi yang disampaikan,
semakin barista tersebut dipercaya maka semakin tinggi pula penerimaan
pelanggan terhadap sebuah informasi. Namun ditemukan juga bahwa ada hal-hal
lain yang memengaruhi pengetahuan pelanggan, yaitu seperti pengalaman, sumber
informasi lain, ketersediaan fasilitas, dan lain-lain.
Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa kualitas barista sebagai komunikator
membawa pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat pengetahuan pelanggan
dengan nilai koefisien relasi ( r ) sebesar 0,413 dan signifikansi sebesar 0,001