DETAIL DOCUMENT
PERENCANAAN DAN PERANCANGAN LAPIS PERKERASAN LAPANGAN TERBANG DI PEMALANG, JAWA TENGAH
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Kurniawan, Beny
Subject
Transportasi 
Datestamp
2016-08-31 08:05:01 
Abstract :
Pengembangan lapangan terbang ditinjau dari segi kecepatan dan keamanan transportasi, agar sebuah lapangan terbang mampu melayani pendaratan dan lepas landas dengan aman dan nyaman. Pada Tugas Akhir ini dibahas mengenai penentuan tebal perkerasan lapangan terbang di Pemalang yang saat ini hanya berupa rumput dan belum pernah digunakan. Jenis pesawat yang digunakan sebagai pesawat kritis adalah pesawat ringan STOL (Short take off and landing) DeHahiland Twin Otter DHC 6. Penentuan tebal menggunakan metoda yang diakui oleh ICAO, yaitu metoda CBR (California Bearing Ratio), metoda LCN (Load Classification Number), dan metoda FAA (Federal Aviation Administration). Ketiga metoda ini didasarkan pada nilai CBR subgrade, Nilai CBR subgrade yang didapat dari tes CBR laboratorium. Kesimpulan hasil penelitian adalah ketebalan metode CBR 64 cm dengan tegangan vertikal (a,), tegangan horisontal (ar), dan lendutan (AZ) masing-masing 8,5 Psi; 0,18 Psi; 0,03 Inchi, metoda FAA menghasilkan ketebalan 39,4 cm dengan tegangan vertikal (a,) 19,08 Psi, tegangan horisontal (ar) 0,96 Psi dan lendutan (AZ) 0,08 inchi dan metoda LCN menghasilkan ketebalan 58 cm dengan tegangan vertikal (a,) 10,04 Psi, tegangan horisontal (ar) 0,25 Psi, dan lendutan (AZ) 0,04 inchi, ketebalan yang dihasilkan di atas menggunakan nilai CBR 4,38%.  
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta