DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (CMC) DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI DI ENGAGEMEDIA.ORG
Total View This Week45
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Sonia, Frischa Dilla
Subject
Komunikasi 
Datestamp
2019-10-10 01:41:52 
Abstract :
Perkembangan teknologi komunikasi dan internet memiliki manfaat yang signifikan dalam sirkulasi informasi dalam sebuah organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Computer Mediated Communication (CMC) dalam komunikasi organisasi di EngageMedia. Penelitian ini menggunakan dua teori teori utama, yaitu Computer Mediated Communication (CMC) dan komunikasi organisasi. Serta dibantu dengan beberapa pendekatan yang mendukung konsep CMC, yaitu Social Presence Theory, Social Context Cues Theory, Media Richness Model, serta Social Identification/deindividuation (SIDE). Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pola CMC membuat adanya kemudahan dalam komunikasi organisasi, di mana proses komunikasi baik internal maupun eksternal menjadi tidak terbatas oleh ruang dan waktu, serta pertemuan fisik. Pola CMC sangat mendukung hal tersebut, karena siapapun dapat langsung menyampaikan pesan kepada siapa saja melalui saluran komunikasi yang digunakan tanpa harus menunggu pertemuan besar atau melalui perantara terlebih dahulu. 

File :
KOM05540.pdf
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta