DETAIL DOCUMENT
USULAN PERBAIKAN PELETAKAN BARANG DI TOKO ENDANG
Total View This Week13
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
W, Steohanny F
Subject
Sistem Manufacturing 
Datestamp
2021-09-28 02:24:18 
Abstract :
Peletakan produk merupakan salah satu strategi dan ide dasar pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan suatu perusahaan. Toko Endang merupakan toko grosir tradisional yang menjual berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Terdapat 1125 SKU produk yang dijual di toko ini. Belum adanya kebijakan terkait dengan peletakan produk menimbulkan masalah terkait dengan sulitnya mencatat stok, mencari produk, dan produk tidak laku menyebabkan sulitnya melakukan reorder stok produk dengan pembayaran jatuh tempo. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan pengelompokkan produk dan usulan peletakan produk (planogram) untuk produk yang tergolong produk pembayaran jatuh tempo. Pengelompokkan produk dilakukan dengan menggunakan metode category management. Terdapat empat kategori produk yang berhasil dikelompokkan yaitu kebutuhan food and beverage, kebutuhan home care, kebutuhan fabric care, dan kebutuhan personal care. Planogram yang secara umum digunakan untuk menata produk pada ritel modern berdasarkan perspektif konsumen, juga dapat diadaptasi dan digunakan pada toko tradisional dengan menggunakan perspektif karyawan berdasarkan prioritas penawaran produk (merchandise hierarchy penawaran). Peletakan produk kebutuhan food and beverage ditata berdasarkan pola varian - merek – harga. Sedangkan peletakan produk kebutuhan home care, fabric care, dan personal care ditata berdasarkan pola merek – varian – harga. Adanya usulan peletakan produk terbukti dapat membantu mengurangi permasalahan yang terjadi dan memberikan kemudahan proses: menghitung stok, mencari produk, menjangkau produk saat menata produk, mengetahui jenis produk yang tersedia, dan memahami jumlah setiap produk yang harus dipajang. 
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta