Abstract :
SCS adalah coffee shop yang berada di kota Jogja. Semakin banyaknya kafe
yang berada di kota Jogja membuat persaingan yang ada juga semakin ketat.
Supervisior kafe mengeluhkan penurunan pendapatan karena mulai berkurangnya
pengunjung yang datang. Dengan melakukan pengukuran kepuasan pelanggan
maka diketahui aspek yang dapat ditingkatkan dan dipertahankan.
Metode servqual digunakan untuk menghitung nilai GAP antara persepsi dan
harapan konsumen menggunakan 27 atribut, setelah itu akan dicari atribut apa
yang perlu diperbaiki menggunakan Improvment Performance Analysis. Usulan
perbaikan akan dirancang menggunakan metode QFD.
Didapatkan GAP terbesar pada aspek reliability nilai rata-rata -0,6686. Atribut yang
menjadi prioritas utama dilakukan perbaikan pada Sinergi Coworking Space
berdasarkan hasil analisis metode Importance Performance Analysis (IPA) yaitu
atribut Re4 (karyawan membuat makanan dengan takaran yang pas), Re3
(karyawan membuat kopi dengan takaran yang pas), Re1 (harga sesuai dengan
standar), dan E2 (karyawan mengutamakan kepentingan pelanggan). Perbaikan
yang dilakukan untuk atribut prioritas yaitu: memberikan pelatihan, pembekalan
kepada karyawan, perekrutan karyawan yang lebih berpengalaman, evaluasi
seminggu sekali, menetapkan SOP yang lebih jelas, Kapten memberikan contoh
yang baik kepada karyawan, memberikan reward, pujian, membangun komunikasi
yang baik antara atasan dan karyawan serta karyawan dan pelanggan, evaluasi
sasaran pasar, memberikan harga promo pada event tertentu atau sesuai
kebutuhan perusahaan.