DETAIL DOCUMENT
Analisis Konsentrasi Pasar Industri Sepeda Motor Indonesia Tahun 1992-2001
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Utami, Tri Sayekti
Subject
UKM 
Datestamp
2016-05-16 09:34:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) tingkat konsentrasi dari industri sepeda motor di Indonesia tahun 1992-2001, (2) tingkat kekuatan pasar (market power) dari industri sepeda motor di Indonesia tahun 1992-200I. Metode analisis yang digunakan dalam riset ini adalah (1) Rasio Konsentrasi (CRN), (2) Herfindahl-Hirschman Index (HHI), (3) Koefisien Gini (GC). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis sekunder. Data diperoleh dari berbagai sumber publikasi seperti majalah, lndocommercial, AISI, BPS. Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) industri sepeda motor di Indonesia memiliki tingkat konsentrasi yang cukup tinggi dan konsisten berdasarkan pengukuran dengan ketiga metode alat analisis yang digunakan, sehingga struktur pasar dari industri ini termasuk kategori stru.ktur pasar dominan. (2) Potensi dari kekuatan pasar (market power) dalam industri ini selalu dikuasai oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) dengan mereknya HONDA. Selama periode pengamatan, Honda menjad.i perusahaan dominan dan memiliki pangsa pasar terbesar dari lima perusahaan yang dijadikan objek penelitian. 
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta