DETAIL DOCUMENT
JEJARING KOMUNITAS SEBAGAI MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI PEMASARAN CV.PENERBIT OMBAK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
Adventi Santoso, Natalia
Subject
Business 
Datestamp
2016-05-23 08:48:22 
Abstract :
Pentingnya peran sebuah buku menjadikan CV.Penerbit Ombak sebagai salah satu perusahaan penerbit melakukan berbagai strategi pemasaran guna mencapai tujuan menyampaikan informasi mengenai suatu ilmu. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan membentuk sebuah jejaring komunitas dengan penulis, IKAHIMSI (Ikatan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia), dan IMAHAGI (Ikatan Mahasiswa Geografi Se-Indonesia). Jejaring komunitas yang dibentuk tersebut menjadi modal sosial bagi masing-masing aktor dalam mencapai kesuksesan dari strategi pemasaran yang dilakukan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui proses dan pola jejaring yang dibangun CV.Penerbit Ombak dengan berbagai aktor, faktor-faktor yang menyebabkan pola jejaring tersebut membangun modal sosial, serta manfaat yang diperoleh oleh masing-masing aktor jejaring komunitas, sehingga strategi pemasaran mencapai kesuksesan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara dan observasi sehingga mampu menggali lebih dalam mengenai pertanyaan penelitian. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah direktur CV.Penerbit Ombak, penulis, koordinator wilayah IKAHIMSI dan sekretaris jendral IMAHAGI. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa CV.Penerbit Ombak, penulis, IKAHIMSI, dan IMAHAGI telah mencapai faktor-faktor modal sosial yang diperoleh melalui kegiatan pemasaran yang mereka lakukan. Masing-masing komponen juga mendapatkan manfaat jejaring komunitas yang terbentuk. Pencapaian faktor-faktor modal sosial dan manfaat jejaring komunitas membuktikan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh CV.Penerbit Ombak bersama penulis, IKAHIMSI, dan IMAHAGI mencapai kesuksesan. Maka dapat dikatakan bahwa hubungan kerja sama di antara mereka telah membawa kesuksesan pemasaran. 
Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta