Abstract :
Penelitian ini ingin melihat bagaimana peran komunikasi kelompok komunitas
Off The Wall Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas brand sepatu Vans.
Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dan menggunakan metode penelitian
wawancara mendalam dan observasi. Teori-teori yang digunakan adalah teori
komunikasi kelompok, social learning theory, reference group, dan loyalitas merek.
Objek penelitian ini adalah komunitas Off The Wall Yogyakarta, yaitu sebuah
komunitas pecinta sepatu Vans yang berdomisili di Yogyakarta. Penelitian ini
bertujuan untuk melihat apakah terdapat peran komunikasi kelompok yang dilakukan
oleh komunitas Off The Wall Yogyakarta dalam meningkatkan loyalitas brand Vans.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan loyalitas brand
Vans dari anggota-anggota komunitas Off The Wall Yogyakarta. Peningkatan
tersebut terjadi karena adanya peran komunikasi kelompok yang dilakukan oleh
komunitas Off The Wall Yogyakarta, serta komunitas Off The Wall Yogyakarta yang
berperan sebagai reference groups bagi anggota-anggotanya. Komunitas Off The
Wall Yogyakarta juga merupakan kelompok belajar, yang dimana anggota-anggota
nya memperoleh pengetahuan dari anggota-anggota lainnya dan saling bertukar
pengetahuan serta informasi yang membuat wawasan anggota-anggota menjadi
bertambah dan pada akhirnya terjadi peningkatan loyalitas terhadap brand Vans.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peran komunikasi
kelompok yang dilakukan oleh komunitas Off The Wall Yogyakarta yang pada
akhirnya terjadi peningkatan loyalitas brand Vans pada anggota-anggota komunitas.