Abstract :
Dalam menjalankan sebuah bisnis sudah sewajarnya jika tercipta
hubungan yang baik antara setiap karyawan yang bekerja dan juga antara
karyawan dengan pimpinan ataupun dengan kembaga. Hubungan yang baik antar
karyawan tidak tercipta dengan sendirinya, dibutuhkan komunikasi yang baik
antar setiap pihak yang bekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat
adanya hubungan antara kualitas hubungan karyawan dengan tingkat kepuasan
komunikasi karyawan The Victoria Hotel.
Jenis penelitian yang digunakana dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner, dengan teknik pengambilan sampel adalah sampel
jenuh dimana jumlah sampel yang dipakai sebesar 57 orang.
Hasil korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan searah dan
signifikan antara hubungan kualitas hubungan karyawan dengan kepuasan
komunikasi, hal ini ditunjukkan dengan nilai p< 0,05. Sehingga jika kualitas
hubungan karyawan dapat terjalin dengan baik maka kepuasan komunikasi juga
dapat berjalan dengan baik diantara karyawan.