Abstract :
Dalam menjalin relasi, suatu organisasi tidak hanya menjalin relasi yang
berkesinambungan dengan publik eksternalnya saja namun juga dengan publik internal mereka
yakni karyawan dan manajemen perusahaan. Untuk itulah perusahaan harus mengelola dengan
baik hubungan dengan karyawan mereka melalui komunikasi yang bertujuan untuk
meningkatkan pengetahuan mereka tentang perusahaan lewat media internal perusahaan. Media
internal perusahaan tersebut harus dikelola secara optimal agar dapat mencapai tujuan yang
diinginkan perusahaan. Penelitian ini ingin melihat pengelolaan yang dilakukan internal
communications MNCTV pada digital mading untuk mengomunikasikan tentang program
tayangan KDI kepada karyawan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode
penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara
mendalam kepada internal communications MNCTV dan beberapa karyawan MNCTV. Teknik
analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan yakni uji trustworthiness melalui authenticity
agar informan dapat memberikan pemahaman secara mendalam, setelah itu dilakukan
trianggulasi data dimana data-data yang telah diperoleh kemudian diuji kebenarannya dengan
data-data lain sebagai pendukung. Kemudian dilakukan intersubjectivity agreement untuk
menemukan titik temu data-data yang ada dan dilanjutkan dengan conscientization untuk
memaknai data dan mengaitkannya dengan teori yang digunakan dalam penelitian ini.
Setelah dilakukan penelitian, maka didapatkan hasil bahwa internal communications
melakukan pengelolaan pada digital mading untuk mengomunikasikan program tayangan KDI
kepada karyawan secara terperinci dari mulai proses perencanaan yakni rapat koordinasi untuk
membahas materi secara detail, dilanjutkan dengan pembagian tugas untuk mencari materi
yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan dimana materi akhirnya bisa ditampilkan
dalam digital mading. Setelah itu dilakukan pengawasan pada digital mading jika terdapat
kesalahan atau pergantian informasi dengan yang lebih baru. Terakhir ditutup dengan evaluasi
dari semua proses yang telah dilalui untuk melihat kekurangan dan cara memperbaikinya.
Pengelolaan yang optimal dan isi materi yang menarik membuat pengetahuan karyawan
tentang KDI semakin bertambah melalui digital mading