Abstract :
Pada dasarnya setiap perusahaan memiliki ketergantungan terhadap
stakeholder. Pelanggan adalah salah satu stakeholder yang sangat mempengaruhi
perusahaan. Kepuasan pelanggan akan membuat pelanggan menjadi loyal
terhadap perusahaan. Adanya salah satu point dalam reformasi birokrasi pada
tahun 2008 yaitu peningkatan layanan publik. PT TASPEN (PERSERO)
merupakan satu-satunya BUMN yang turut ambil bagian sebagai peserta untuk
mengimplementasikan program Aksi Quick Wins sebagai bentuk perwujudan
percepatan perbaikan layanan dasar publik yang dicetuskan oleh Wakil Presiden
RI (Budiono). Program tersebut sebagai program customer relations Taspen
dalam upaya pembentuk kepuasan pelanggan. Penelitian ini ingin melihat proses
implementasi pada program customer relations yaitu program Aksi Quick Wins
PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan
metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara mendalam kepada manajemen PT TASPEN (PERSERO) Kantor
Cabang Yogyakarta yang secara langsung mengimplementasikan program Aksi
Quick Wins yaitu Bidang SDM & Umum, Bidang Layanan & Manfaat, dan
customer service. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data,
penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Pada analisis data juga
dilakukan triangulasi data untuk melakukan uji keabsahan.
Setelah melakukan penelitian maka didapatkan hasil bahwa dalam
implementasi program Aksi Quick Wins, PT TASPEN (PERSERO) Kantor
Cabang Yogyakarta melakukan strategi implementasi sesuai dengan teori strategi
implementasi yang dikemukakan oleh Kotler. Dalam mengimplementasikan
program Aksi Quick Wins, PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Yogyakarta
melakukan beberapa hal di luar perencanaan yang sebelumnya sudah dibuat. Hal
ini dilakukan oleh PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang Yogyakarta karena
mereka menganggap hal tersebut dapat mendukung tercapainya tujuan
dibentuknya program Aksi Quick Wins. PT TASPEN (PERSERO) Kantor Cabang
Yogyakarta berhasil membentuk kepuasan pelanggan yang melebihi harapan
peserta melalui program Aksi Quick Wins.