Abstract :
Media massa adalah media yang paling banyak dipilih oleh perusahaan untuk
menyampaikan iklan. Pendekatan komunikasi dalam iklan dapat dilakukan melalui
berbagai macam cara, salah satunya menggunakan jingle. Jingle berisi pesan-pesan yang
sederhana mengenai suatu barang atau jasa. Lima elemen yang harus dimiliki oleh jingle
iklan, yaitu memorability, meaningfulness, likability, adaptability dan protectability.
Tujuan penelitian ini adalah mengukur efektivitas iklan televisi dengan endorser JKT48
berdasarkan elemen memorability, meaningfulness, likability, adaptability, protectability.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian
eksperimental. Proses penelitian ini dilakukan dengan cara kelompok eksperimen diberi
treatment lalu memberikan kuesioner kepada responden setelah mendengarkan jingle
iklan 3 produk. Responden dari kelompok eksperimen merupakan mahasiswa UAJY
angkatan 2015 dari berbagai fakultas berjumlah 20 orang. Obyek penelitian ini adalah 3
jingle iklan yang ketiganya dibintangi oleh JKT48. Jingle iklan itu diantaranya; jingle
iklan Pocari Sweat versi ?Heavy Rotation?, jingle iklan Yamaha Mio J versi ?Aitakatta?,
jingle iklan Yoghurt Cimory versi JKT48.
Jingle iklan Pocari Sweat yang paling efektif dibandingkan jingle iklan Yamaha
Mio J dan Pocari Sweat karena jingle iklan Pocari Sweat paling kuat dalam 3 elemen
yang harus dimiliki oleh jingle iklan yaitu likability, adaptability, dan protectability.
Sedangkan jingle iklan Yamaha Mio J paling kuat dalam elemen memorability saja,
jingle iklan Yoghurt Cimory paling kuat dalam elemen meaningfulness saja.
Berdasarkan hasil penelitian ini, jingle iklan dalam bentuk jingle iklan yang
menggunakan lagu komersial yang sudah ada sebelumnya dan digunakan tanpa di
aransemen ulang paling efektif karena jingle ini memiliki 3 elemen dari 5 elemen yang
harus dimiliki jingle iklan yaitu elemen likability, adaptability, dan protectability. Bagi
para perusahaan barang maupun jasa dan juga bagi agensi iklan yang ingin membuat
jingle iklan disarankan agar membuat jingle iklan dalam bentuk jingle iklan yang
menggunakan lagu komersial yang sudah ada sebelumnya dan digunakan tanpa di
aransemen ulang karena jingle iklan ini paling efektif karena memiliki 3 elemen dari 5
elemen yang harus dimiliki jingle iklan yaitu elemen likability, adaptability, dan
protectability. Bentuk jingle ini juga efektif dalam mempertahankan daya ingat
konsumen terhadap produk sesuai dengan tujuan periklanan dalam aspek reminding advertising.