Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
BERNARDO, PATRICIA ESMIRALDA
Subject
Advertising
Datestamp
2016-06-10 11:38:05
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi dari konsumen yang memberikan penilaian
terhadap brand image Djendelo Koffie. Brand image didefinisikan sebagai
jumlah dari gambaran-gambaran, kesan-kesan yang dimiliki oleh
seseorang terhadap subyek. Kesan yang diterima konsumen melalui event
?Freedom of Nggambleh? membentuk persepsi image Djendelo Koffie.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan brand
image dalam event ?Freedom of Nggambleh? oleh konsumen dan
mengetahui apakah citra yang terbentuk melalui event ?Freedom of
Nggambleh? sesuai dengan citra yang diharapkan pihak Djendelo Koffie.
Berangkat dari penelitian beberapa teori digunakan untuk menganalisa
hasil temuan seperti penggunaan teori; komunikasi, komunikasi
pemasaran, event and experience, dan brand image.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek
penelitian adalah lima narasumber yaitu; konsumen, calon konsumen,
konsumen pelanggan tetap, anggota komunitas, dan penggemar event.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan
observasi.
Berdasarkan hasil penelitian telah ditemukan bahwa proses pembentukan
brand image Djendelo Koffie melalui event ?Freedom of Nggambleh?
terjadi ketika konsumen mendapatkan pengalaman melihat, perasaan,
berpikir, bertindak , dan terlibat dalam event. Pengalaman konsumen
memberikan image Djendelo Koffie sebagai kafe komunitas ?Freedom of
Nggambleh?, nyaman, sederhana, tradisional, dan unik.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah proses pembentukan brand image
Djendelo Koffie oleh konsumen melalui proses pengalaman indrawi
melihat, perasaan, berpikir, bertindak, dan terlibat dalam event. Brand
image juga mengarahkan pada persepsi konsumen yang mendapatkan
pengalaman dalam proses pembentukan kesan yang melibatkan perhatian,
pemahaman, dan penilaian.