DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI IBU DAN ANAK TERHADAP PENGGUNAAN DIKSIPADA IKLAN PROVIDER DI TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif mengenai Persepsi Ibu Rumah Tangga dan Anaknya di Kecamatan Pakualaman Yogyakarta terhadap Penggunaan Diksipada Tayangan Iklan 3 Indie+ versi “J
Total View This Week0
Institusion
Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Author
PRATIWI, HERDINA DIAH
Subject
Advertising 
Datestamp
2016-06-10 11:23:53 
Abstract :
Penggunaan bahasa dalam dunia periklanan belakangan ini mulai menimbulkan masalah, muncul fenomena kebahasaan yang unik dalam penggunaan dan pemilihan kata-kata menarik untuk mengiklankan suatu produk sebagai bahasa iklan komunikatif. Dalam komunikasi iklan di televisi, penggunaan diksi juga sangat diperlukan agar pemirsa tidak salah mengartikan iklan itu. Sebuah iklan diciptakan untuk dapat menggiring pola pikir dan atau tindakan yang diharapkan oleh pembuat iklan. Penggunaan diksi pada iklan provider 3 Indie+ unik dan beragam karena menggunakan gaya bahasa, bermakna konotasi dan denotasi serta bersifat persuasif. Ternyata penggunaan bahasa dengan penggunaan diksi yang unik dan persuasif itu oleh anak-anak dalam iklan Provider 3 Indie+ menimbulkan persepsi yang berbeda sehingga bersifat kontroversial bagi pemirsanya. Selain pemirsa anak-anak, pemirsa orang tua anak terutama ibu juga mempersepsikannya secara berbeda. Hal ini terjadi karena persepsi dipengaruhi oleh pengalaman individu yang berbeda.  

Institution Info

Universitas Atma Jaya Yogyakarta